Written By Agus Diansyah on Jumat, 26 Oktober 2012 | Jumat, Oktober 26, 2012

Fungsi guru sebagai fasilitator

fungsi fasilitasi


1. Menyediakan pengalaman belajar yang memungkinkan siswa bertanggung jawab dalam membuat rancangan, proses, dan penelitian. oleh karena itu, memberikan ceramah bukanlah tugas utama seorang guru.

2. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang siswa dan membantu mereka untuk mengekspresikan gagasan-gagasannya dan mengomunikasikan ide ilmiah mereka (watt dan pope,1998). menyediakan sarana yang merangsang siswa berpikir secara produktif. menyediakan kesempatan dan pengalaman yang paling mendukung proses belajar siswa. guru harus menyemangati siswa, perlu menyediakan pengalaman konflik (Tobin, Tippins dan Galard, 1994).

3. Memonitor, mengevaluasi dan menunjukkan apakan pemikiran siswa jalan atau tidak. guru menunjukan dan mempertanyakan apakah pengetahuan siswa itu berlaku untk menghadapi persoalan baru yang berkaitan. guru membantu mengevaluasi hipotesis dan kesimpulan siswa (Suparno, 1997)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Fungsi Guru sebagai Fasilitator. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari PENDIDIKAN
feedburner

0 komentar:

Poskan Komentar

Google+ Followers

PENDIDIKAN © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger